Friday, April 12, 2013

Rebatching

Bagaimana memperbaiki 'kesalahan' dari sabun yang telah dibuat atau memanfaatkan sisa sabun yang tidak terpakai


Seorang murid saya dengan paniknya mengatakan bahwa dia lupa menaruh fragrance oil pada sabunnya, sementara sabun tersebut sudah sehari dalam cetakan.
Jangan panik, kita masih bisa memperbaiki hal tersebut dengan mencairkan kembali sabun (Cold Process) tersebut, dalam dunia soapmaker, ini disebut rebatching.

Ada beberapa cara untuk melakukan rebatching, menggunakan crock pot (slow cooker) dan boil in bag.
Cara yang paling saya suka (dan palng simple menurut saya) adalah dengan metode Boil in bag.

Berikut step stepnya:

1. Potong potong sabun dalam potongan kecil, atau parut menggunakan parutan keju. Taruh potongan sabun tersebut dalam plastik tahan panas (atau ziplock tahan panas). Tambahkan dua atau 3 sendok makan aquades jika perlu.




2. Siapkan air panas dalam panci, nyalakan kompor dengan api kecil(paling kecil). Rendam kantong yang berisi potongan/parutan sabun tersebut di dalamnya.



3. Setelah beberapa saat, sabun akan mencair menjadi seperti gel transparan.




4. Angkat sabun yang telah mencair tersebut dan tekan tekan untuk melihat apakah masih ada potongan sabun yang belum mencair. Jika sudah mencair semua, Anda bisa menambahkan additive lain yang ingin anda tambahkan ke dalam adonan sabun tersebut. Potong ujung kantong plastik tersebut dan tuang ke dalam cetakan kembali. Biarkan dingin dan mengeras seperti biasa.



Note: Hati hati memegang plastik yang berisi adonan sabun yang cair, gunakan sarung tangan karena suhunya panas. 

No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...