Friday, March 18, 2016

Lotion And Butter - Cheat Sheet

      
                             Whipped Body Butter                                               Solid Lotion Bar


Cheat Sheet? Yap. Saya kasih contekan panduan untuk membuat lotion, cream dan body butter, baik anhydrous maupun emulsified. Anda bisa membuatnya di rumah. 

Yang perlu diingat, emulsifier ada beberapa jenis, masing masing memiliki usage rate sendiri sendiri, jadi tetap harus membaca usage rate masing2 emulsifier. Cheat sheet ini menggunakan emulsifying wax NF.  
Lengket dan tidaknya tergantung pemilihan oil. Untuk emulsified products, jika ingin mengurangi sticky feeling, harus ada penambahan bahan sintetis tertentu. Berhubung maunya natural, saya tidak berikan yang super detailed. Disini saya ingin Anda merasakan bagaimana membuat home made bodycare produk yang bisa Anda pakai sendiri. 

Banyak produk home made yang sudah dijual saat baru sekali produksi. Pembuat dan penjual produk skincare home made jaman sekarang punya tangan midas, pintar sekali. Dalam waktu kurang dari setahun sudah membuat dan menjual banyak sekali varian produk. Kereeennnnnnn..... Pesan dari saya, jangan lupa test stabilitas produk Anda dalam waktu minimal 6 bulan (untuk produk emulsified). Banyak produk yang meleleh dalam pengiriman, berubah bau dalam beberapa minggu, dan lain lain. Ini akan membuat pasar menilai semua produk home made tidak dibuat dengan cara yang baik dan benar. 

Produk anhydrous buat saya tidak terlalu masalah, paling paling meleleh di suhu negara kita.  
Yang jadi masalah adalah produk emulsified. Semua produk emulsified harus ada yang namanya stability test paling tidak selama minimal 6 bulan. Produk yang dibuat disimpan di suhu ruangan selama paling sedikit 6 bulan untuk melihat apakah produk tersebut stabil atau tidak (kadang suka ada yang misah air dan oil nya). Masa tes 6 bulan tersebut muga untuk melihat apakah produk tersebut tahan bakteri, jamur, dan  yeast. Di masa itulah kita bisa melihat perubahan tekstur, warna, bau dan lain lain. Intinya harus stabil dalam minimal 6 bulan. (saya pribadi malah minimal 8 bulan, ga pede aja :p)

Saya hanya memberikan garis besarnya saja pada sheet ini, tutorialnya banyak di internet. selanjutnya Anda harus ber eksperimen sendiri ;)



ANHYDROUS PRODUCTS EMULSIFIED PRODUCTS
Balm Lotion (Face & Body)
80% Liquid Oil 80% Water
20% Wax 4% Humectant
10% Liquid Oil
Whipped Butter 2% Thickener
20% Liquid Oil 4% Emulsifier
80% Solid Oil (Butter)
Cream
70% Water
Solid Lotion Bar 2% Humectant
40% Liquid Oil 15% Liquid Oil
35% Solid Oil (Butter) 5% Solid Oil (Butter)
25% Wax 2% Thickener
6% Emulsifier
Body Butter
60% Water
3% Humectant
12% Liquid Oil
15% Solid Oil (Butter)
3% Thickener
7% Emulsifier

Catatan:
  1. Cheat ini merupakan gambaran umum resep dasar, Anda bisa melakukan percobaan dengan memodifikasinya.
  2. Emulsifier ada banyak macam, masing masing bisa berbeda feel nya di kulit. Baca usage levelnya pada keterangan setiap bahan. 
  3. Preservative WAJIB ditambahkan untuk produk emulsified. Pemakaiannya harus baca usage rate masing masing. Baca dengan detail mengenai persentase, suhu saat ditambahkan, dan lain lain.
  4. Humectant ada banyak jenis. Yang paling umum adalah Glycerin. 
  5. Wax: Umum nya beeswax. Jika anda vegan, beeswax bisa digantikan dengan candelila wax, dengan persentase lebih sedikit dibanding beeswax. 




No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...