Saturday, March 5, 2016

How to make herbal infused oils

  


Herbal infused oil (juga dikenal sebagai macerated oil) adalah carrier oil yang telah 'diinfused' (direndam) dengan herbal ataupun bunga. Dengan membiarkan tumbuhan dan bunga terendam dalam minyak untuk jangka waktu tertentu kita dapat mengekstrak banyak manfaat penyembuhan dari tumbuhan tersebut menjadi bentuk yang lebih bermanfaat.

Banyak herbal yang cocok untuk infusing, seperti rosemary, lavender, peppermint, calendula dan comfrey .

Ide dasarnya adalah bahwa tumbuhan direndam dalam carrier oil berkualitas baik seperti minyak almond, minyak bunga matahari, jojoba atau minyak zaitun dan baik didiamkan secara alami selama beberapa minggu, dipanaskan dengan sinar matahari atau dipanaskan di dalam air panas (dalam slow cooker atau di tim) selama beberapa jam. Minyak menyerap banyak sifat-sifat tumbuhan dan bahan tumbuhan yang direndam tersebut. 

Minyak yang telah direndam dengan herbs/bunga tersebut kemudian dapat digunakan untuk membuat formulasi perawatan kulit lain seperti  balm, salep, krim, perawatan rambut, sabun dan lainnya. Ada begitu banyak pilihan campuran yang dapat Anda pilih sendiri sesuai kebutuhan Anda. 

Yang perlu diingat adalah, selalu gunakan dried herbs atau flower, karena kandungan air pada tanaman segar akan merusak oil yang Anda gunakan untuk merendam. Kandungan air pada tumbuhan segar akan membuat carrier oil Anda mengalami oksidasi/rusak. 


3 metode membuat herbal infused oils:

1. Cold Infusion:
Rendam dried herbs/flower ke dalam jar yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan ke dalam carrier oil, lalu simpan selama 6 minggu di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Setelah 6 minggu, saring dan gunakan minyaknya sebagai bahan baku untuk skincare Anda.

2. Sun Infusion:
Sama dengan cold infusion, hanya saja jar diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

3. Heat infusion:
Rendam dried herbs/flower ke dalam jar yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan ke dalam carrier oil, rendam dalam air panas dengan metode double boiler (atau gunakan slow cooker) selama 2-6 jam. 
Metode ini cocok untuk mereka yang kurang sabar menunggu beberapa minggu infusing.



No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...