Monday, January 26, 2015

Oils for Soapmaking

It's an honor to write in this blog.  Dear Sylvia memberi saya kesempatan yang tak akan saya lewatkan. Thank you. Cukup bingung mau menulis apa, akhirnya saya memilih topik ini karena sampai saat ini pun kadang topik ini masih merupakan dilema buat saya.

Sebagai soapmaker, tinggal di Indonesia sebagai penghasil palm oil terbesar di dunia tentu sangat menguntungkan.  Harganya yg murah dan mampu menghasilkan sabun berkualitas baik merupakan daya tarik yang kuat.  Secara pribadi saya menyukai penggunaan palm oil di sabun handmade.  Palm oil dan turunannya juga digunakan di hampir seluruh industri kosmetik di dunia.  Satu hal yang mengganjal adalah isu perusakan lingkungan akibat deforestasi massive dari hutan hujan tropis di Kalimantan dan Sumatera. Isu yang menurut beberapa teman yang bekerja di sektor-sektor ini, bukan merupakan isu lagi.

Lalu saya mencoba beralih ke tallow (lemak sapi) sebagai bahan alternatif penggunaan sabun. I was so excited because the result was great: creamy and hard soap.  Tapi sayangnya ketersediaan bahan baku ini belum stabil dan untuk memproses sendiri lemak sapi menjadi tallow sangat memakan waktu dan tenaga.

Next soya bean oil.  I love this oil tapi pemakaian di soapmaking tidak bisa terlalu banyak karena pemakaian yang terlalu banyak menghasilkan sabun yang lembek dan rentan terhadap DOS.  Satu hal lagi soya bean oil, canola oil dan corn oil berasal dari GMO.  The health issue dari produk 2 yang berbahan baku GMO is still debatable but I would love to find non GMO soya bean and canola oil :D.

What about Rice Bran Oil? Sifatnya yang mirip olive oil menyebabkan saya selalu menyimpannya di rumah.  But rice bran oil is still not olive oil.  Olive oil bisa dipakai sampai 100%, rice bran tidak.  Maksud saya bisa saja pakai 100% rice bran oil tapi hasilnya jauh berbeda dengan 100% olive oil (The Legendary Castile Soap).

My most favorites of course Coconut Oil and Olive Oil. Some people will add castor oil as their favorite trio ;).  Kalau sabun dengan 100% olive oil (Castile Soap) menghasilkan sabun yang sangat lembut, sabun dengan minimum 70% olive oil (Bastile Soap) will also produce great soap with lovely bubble.

Bagaimana dengan exotic oils seperti avocado oil, macadamia oil, jojoba oil, hemp oil dan lain2?  I think those oils will produce luxurious soap but....I haven't tried these oils in soapmaking.  Ga tega :D. I will use them, promise, in near future....




No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...