Monday, January 19, 2015

Cerita tentang SoapVille, produk dan kursusnya

Tahun 2012, sewaktu saya mulai menerima kursus membuat sabun dengan metode cold process, bisa dibilang saya tidak punya competitor. Saat itu saya sudah membuat sabun selama bertahun tahun (sabun pertama saya tahun 2003) untuk pemakaian sendiri, dan hanya menjual sabun berdasarkan pesanan dalam kuantiti tertentu. Seiring berjalannya waktu, mulai banyak permintaan untuk menjual sabun secara retail, dan itu yang membuat saya memutuskan untuk membuka account Facebook dan membuat Facebook page untuk brand saya, SoapVille. 
Brand ini juga dibuat tanpa mikir, pokoknya asal ada brand aja deh pikir saya...
Logo saya dibuat oleh seorang teman lama (dia seorang graphic designer yang hasil karyanya sudah banyak beredar di pasar), itupun sempat terjadi perdebatan karena saya tidak punya konsep sama sekali. Dia sampai bingung karena saya minta dibuatkan logo tanpa ada ide maupun konsep sama sekali. Dia bingung, saya lebih bingung lagi, hehehehe....
Ujung-ujungnya, saya cuma bilang, saya suka warna hijau, produk saya support green living, dan dibuat di rumah, nah, jadilah logo saya seperti ini, not bad lah untuk ukuran yang ga punya konsep sama sekali :p

Thank's a lot to Arry Lesmana Tan untuk logonya. Mudah-mudahan ga keberatan kalau saya minta edit edit nanti ;) 




2013, saya mulai kewalahan. Awalnya saya hanya posting daftar sabun yg sudah fully cured di path pribadi saya, hasilnya? sekali posting lebih dari 90% sabun ludes semua. Sampai teman saya ada yang menyebut sabun saya sebagai 'sabun senggol bacok' karena harus rebutan dan adu cepat untuk mendapatkannya. Saya menyimpan screenshot path saya untuk mengenang masa itu, norak juga ya? wkwkwk....


Ok, selesai dulu deh ngedongengnya. Sekarang saya bahas tentang kenapa saya membuka kursus sabun. 
Saya banyak menerima pesanan custom soap, ada yang untuk SPA, ada yang rutin pesan untuk pemakaian sekeluarga, ada dokter yang pesan sabun untuk keluarga dan pasiennya (salah satu dokter di RS Dharmais rutin mesen sabun Goatmilk Oat and Honey-Unfragrance), dll.

Dengan kondisi saya adalah ibu rumah tangga yang tidak memakai pembantu (sebelumnya saya bekerja, baru berhenti di akhir tahun 2010), saya mulai merasa kelabakan. Akhirnya saya mulai berpikir untuk mentransfer ilmu tentang persabunan dengan menerima kursus sabun. Hand out juga saya buat sendiri. Di tahun itu juga saya mulai membuka kursus membuat sabun. Booming boomingnya mulai kelihatan belakangan ini. Banyak home made soap bermunculan. Kursusnya juga. Ada yang dari jebolan saya, ada yg dari jebolan orang lain. Anda bisa menilai sendiri produk dari jebolan saya dengan hasil sabun dari jebolan kursus lain. Yang pasti, murid2 saya tidak menjual sabun di harga 30 ribuan kebawah. Memang ga bisa jual harga murah karena bahan bakunya yang sebagian masih import, dan dibuat dengan cara dan hitungan yang benar. Yang sudah beli sabun murid saya dan membandingkannya dengan sabun home made lain, pasti akan merasakan perbedaanya. Kami mengutamakan kualitas, bukan mengejar penjualan dgn banting harga murah. Saya sudah tidak menerima pesanan custom soap berbentuk fancy-fancy pada murid2 saya (cupcake soap, cake soap, soap with embeds), jadi kalau ada yang nanya tentang sabun berbentuk ini itu, saya akan referensikan murid yang saya tahu mau dan bisa bikin sabun model model tersebut. Saya sudah tidak punya waktu, sudah malas juga, wkwkwkwk....

Saya senang sekaligus bangga melihat beberapa murid yang sukses dari bisnis sabun. Beberapa bahkan sudah ikut bazaar/pameran. Mereka bisa bikin hot process, liquid soap, hanya dari sekali kursus. Practice makes perfect ;)
Murid murid saya merupakan perpanjangan tangan saya untuk mengedukasi orang tentang benefit home made soap. 

Next post, saya akan ceritakan tentang murid murid saya. Saya harus minta ijin dulu untuk menyebutkan mereka sebelum saya mulai bercerita :)





No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...