Wednesday, March 27, 2013

Susu Almond - Cara Membuatnya

Susu Almond ( Almond Milk )

Tutorial cara membuat susu almond


Ok, setelah tahu benefit dari susu almond, berikut ini step by step cara membuatnya:


1. Cuci bersih kacang almond (utuh)

 


2. Rendam 1 bagian kacang almond dalam 3 - 4 bagian air masak semalaman (minimal 12 jam)




3. Kupas kulit kacang almond. Saya lebih suka kulitnya dikupas, walau ada juga yang tidak mengupas kulitnya. Kalau tidak dikupas, rasanya akan sedikit 'asam'





4. Buang air rendaman, taruh dalam blender dan tambahkan 3 - 4 bagian air matang, blend sampai halus. Disini saya menggunakan stick blender karena hanya membuat sedikit, 100Gr kacang almond. Kalau bikin dalam julah yang lebih banyak, masukkan ke dalam blender.





5. Saring susu tersebut


Saya menyaringnya dua kali. setelah saringan pertama, saya saring lagi dengan kain supaya ampasnya semakin bersih.




6. Simpan susu almond dalam kulkas. Bagi yang mau menambah gula dan esens vanila, bisa ditambahkan pada step ini.





7.  Ampas almond. Ini saya simpan untuk bikin sabun lagi, hehehe....




Selesai deh... Gampang kan bikinnya?  Yuk minum susu almond ;)

2 comments:

  1. nice recipe say :D
    itu pakai almond mentah / almond yg udah di bakar?

    ReplyDelete
  2. Mentah non. Kalau mau dimasak sih bisa aja, setelah jadi susu, dimasak sampai mendidih. Aku pribadi ga suka dimasak lagi, takutnya mengurangi kandungan gizinya karena proses pemanasan :)

    ReplyDelete

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...