Friday, March 15, 2013

Rice Milk Soap

Rice Milk Soap 

Contoh penggunaan liquid selain air, frozen liquid method


Tutorial cold process soap klik disini


Saya doyan banget rice milk yang katanya niihhh, bagus untuk penderita sakit maag seperti diriku. 

Selain bagus untuk kesehatan, rice milk juga bagus untuk kulit lhooo, berikut bahan baku sabunnya: 

- Rice Milk 165 gr (Plain, tanpa tambahan gula)
- Lye (NaOH) 70 gr

- Rice Bran oil 75 gr
- Coconut oil 125 gr
- Palm oil 125 gr
- Oilive oil pomace 175 gr

Additive: - 1 sendok makan brown rice powder (aku pake tepung brown rice gasol)
                - fragrance oil 5-10 ml(optional)

Sangat disarankan untuk memahami benar dasar dasar cara membuat cold process soap, klik linknya disini

Catatan: Khusus untuk penggunaan liquid selain air, bekukan dulu rice milk soap di freezer sampai jadi es batu. Tuang Lyenya sedikit, aduk2, tuang lagi aduk2 lagi, teruskan sampai  lyenya larut semua. Jangan kaget jika warna berubah menjadi gelap, ini hal biasa. Perubahan warna disebabkan oleh reaksi NaOH terhadap gula yg terkandung di dalam beras yang merupakan bahan baku rice milk.

Minyak dipanaskan cukup sampai sekitar 40 derajat saja. Setelah suhu lye mencapai 50-55 derajat celcius, campurkan ke dalam campuran minyak, selanjutkan teruskan seperti biasa. Addtitive ditambahkan pada saat light trace, lalu diaduk lagi sampai tercampur dengan merata. Tuang ke dalam cetakan.

Ini rice milk yang saya pakai




Hasil jadi:




Disini terlihat seperti ada dua warna, itu karena bagian yang atas aku sengaja pisahin adonannya lalu aku pakein mica warna hijau. Adonan warnanya aku tuang ke atas adonan dasar yang sudah dimasukkan ke dalam cetakan. Pas sudah siap potong terrnyata berubah warnanya jadi ga jauh beda dengan warna yang di bawah, hehehehe....

No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...