Monday, August 4, 2014

Preservative ( Pengawet )

Belakangan ini saya melihat bannyak bermunculan bodycare yang mengklaim dibuat dengan bahan baku natural, tanpa pengawet, dll. Begitu ditanya pengawetnya pakai apa, rata2 menjawab mereka pakai vitamin E (dan atau rosemary extract) sebagai pengawet. Hmmm.....

Masih banyak sekali yang tidak mengerti kalau Vit E itu bukan pengawet. Vit E itu hanya antioksidan, dia berfungsi untuk mencegah bahan baku (oil) menjadi cepat rancid (tengik). Biasanya harus digabung dengan ROE (Rosemary Oleoresin) agar minyak yang dipakai tidak cepat tengik. Dan harus ditambahkan pada saat minyak tersebut masih fresh. Jadi begitu dibuka segelnya, langsung tambahkan ROE.
Jenis2 minyak yang rawan rancid antara lain: Hemp seed, Sunflower, Canola, Soybean, Ricebran oil dll.

Preservative dibutuhkan untuk produk yang menggunakan air dan emulsifier. Emulsifiier adalah bahan yang digunakan untuk membuat air dan minyak bisa bergabung. Jenisnya ada banyak, saya tidak menjelaskan tentang emulsifier maupun jenis jenis preservative disini. So? di bawah ini saya berikan link yang menjelaskan tentang rancidity dan antioksidan. Berhubung terlalu panjang untuk diterjemahkan, jadi saya langsung berikan link nya, silahkan dibaca dan dipelajari :)

Saya ga tega menjual produk dengan pengetahuan seadanya, dengan alasan itulah saya tidak menjual body lotion, body butter, dan lain lain. Saya tidak akan menjual produk seperti body lotion, body butter (emulsified), dll yang belum saya test ke diri saya sendiri, atau belum saya simpan selama minimal setahun untuk melihat daya tahannya.


Preservatives and antioksidants

Preservative to extend shelf life

Reviews of 27 preservatives

Preservative in natural products

Ini adalah gambaran produk yang tidak mendapatkan preservative yang benar, baca link di bawah untuk mendapatkan pengetahuan yang benar yaaaa :)



Source: Soap Queen


A preservative efficacy test (PET) is the ONLY real way to know if your preservative blend is effective - you can't rely on sight, smell etc- Ben Tanner, a microbiologist who owns Cosmetic Test Labs said “the lotion is probably microbially contaminated long before you can perceive it visually. As a point of reference, one can put 100,000 bacteria into a milliliter of water and the water will appear to the naked eye to be crystal clear and usually won't smell bad, either. That all changes once you get to about 10,000,000 per milliliter. Most of the cosmetics we test in our lab that have counts ranging into the tens of thousands or millions of cells per milliliter have subtle or no aesthetic differences from sterile samples”  sourcechemistcorner

No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...