Friday, August 8, 2014

Castile vs Bastille Soap






Banyak yang tidak tahu apa itu castille soap maupun bastille soap.
Saya juga melihat ada beberapa yang menamakan sabun nya sebagai sabun castille, tapi begitu saya baca ingredientsnya ternyata ada oil-oil lain selain olive oil.

SALAH BESAR!

Secara tradisional, sabun castille hanya terdiri dari satu jenis oil saja: Olive oil.
Sabun apapun yang menambahkan oil lain selain Olive tidak bisa disebut Castille soap. Jadi...

CASTILE SOAP = 100% OLIVE OIL

Sabun castile adalah sabun yang sangat lembut dan melembabkan. Busanya sangat kental, sedikit busa, lebih ke arah 'slimy". Kalau dalam bahasa Indonesianya: berlendir. Gambarannya? hmm.... agak kurang sopan sih, tapi saya menggambaran busa sabun castile itu seperti ingus :p.

Sabun castile mambutuhkan waktu minimal 6 bulan untuk 'fully cured', semakin lama semakin baik.

Istilah Bastille muncul karena orang-orang tidak suka busa sabun castille. Jadi, mereka menambahkan minyak lainnya untuk meningkatkan busa sabun, tapi tetap mempertahankan kandungan minyak zaitun yang tinggi.
Sabun Bastille yang baik memiliki paling tidak 60% minyak zaitun. Standarnya adalah 72% minyak zaitun. Sabun bastille memiliki busa yang lebih banyak dibanding castile, namun tetap lembut dan melembabkan. Karena adanya kandungan oil lain dalam Bastille soap, maka curing time nya tidak sepanjang castile soap. Sabun bastille memiliki masa curing 3-4 bulan.

Menurut saya, sebaiknya Anda mencoba sabun castile, supaya tahu bedanya. Yang pasti, busa sabun castile tidak sama dengan busa sabun yang biasa Anda gunakan ;), 'feel' nya juga beda.




No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...