Saturday, August 16, 2014

Cold Process, Hot Process dan Melt & Pour Soap - Apa bedanya?



Bagi mereka yang tidak membuat sabun, saya memahami bahwa tulisan ini mungkin sedikit membingungkan. Bagi kebanyakan orang, sabun ya hanya sabun. Apa masalahnya tentang sabun?, yang penting bersih, kan? Benar. Kita tidak boleh lupa bahwa tujuan utama sabun adalah untuk membuat Anda bersih dan wangi. Anda mencuci tangan Anda dengan teratur (saya harap!), Mencuci muka, dan seluruh tubuh Anda dengan sabun, apakah itu sabun cair, sabun pabrikan murahan, sabun gratis dari hotel atau sabun handmade seperti saya. Tapi, saya sudah menyimpang dari subjek asli dan belum selesai sampai disini.

Sabun proses dingin adalah sabun yang dibuat menggunakan metode tertentu yang disebut "proses dingin" yang saya tidak akan membahas detail nya, tetapi mungkin metode ini adalah metode yang paling umum dalam pembuatan sabun home made. Anda menambahkan air yang dimurnikan (distilled water), alkali, minyak, dan kemudian pewarna dan wewangian yang Anda suka. Ta daaaaa! Jadilah sabun handmade. Jika Anda membaca blog saya sebelumnya, Anda akan tahu bahwa itu bukan sebuah sederhana yang dapat dibuat dengan mudah. Proses dingin soaping (juga dikenal sebagai sabun Cold Process) memungkinkan soaper untuk menambahkan bahan apa pun yang ia pilih untuk membuat sebuah sabun dan ada beberapa soapers proses dingin cukup inventif dan kreatif di luar sana. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang Anda masukkan ke dalam produk sabun Anda. Sabun Cold Process memerlukan waktu beberapa minggu setelah selesai dibuat sebelum siap digunakan. 

Sabun Hot process proses pembuatannya hampir sama dengan cold process, hanya pada sabun hot process, adonan dipanaskan lagi (dimasak).

Banyak orang telah mencoba untuk menemukan cara untuk membuat sabun tanpa menggunakan alkali, namun hal ini tidak mungkin. Bahkan sabun melt and pour dibuat dengan alkali. Anak-anak, pemula, dan orang-orang yang takut terhadap alkali mungkin lebih baik menggunakan melt and pour. Soaper tradisional mungkin lebih suka proses panas, yang merupakan metode tertua yang telah digunakan manusia untuk membuat sabun. Dan orang-orang yang ingin memanjakan diri dengan sabun yang extra lembut mungkin lebih menyukai sabun cold process. 

Sabun Melt and Pour adalah metode lain yang merupakan proses sederhana. Dalam arti, sabun itu sendiri sudah dibuat. Anda hanya membeli produk sabun dasar (Melt and pour base), Anda cairkan, lalu tuang ke dalam cetakan. Selama proses ini, Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain yang menunjukkan bakat kreatif Anda seperti warna, wewangian, exfoliant dll untuk personalisasi melt and pour soap. Sabun Melt and Pour (juga disebut MP Soap) tinggal dicairkan, tambahkan pewarna, pewangi, dijadikan hiasan, disusun warnanya satu demi satu, dan seterusnya. Proses ini jauh lebih praktis dibandingkan metode CP. Sabun Melt and Pour siap dipakai segera setelah dibuat. Jadi, sabun Melt and pour merupakan sebuah proses kreatif yang indah. Kekurangannya adalah bahwa Anda tidak memiliki kontrol penuh atas bahan bakunya,  karena pada dasarnya Anda membeli produk yang sudah jadi.

Banyak soapers memilih untuk tidak menyelami dunia sabun MP karena mereka tidak memiliki kontrol penuh atas bahan baku yang dimasukkan ke dalamnya. Di sisi lain, banyak soapers juga melihat bahwa sabun MP tersebut laku karena mereka dapat dibuat dengan simple, mudah, cepat, dan ada begitu banyak hal kreatif yang bisa dilakukan dengan MP base.
Menurut pendapat saya pribadi, MP soap itu termasuk kerajinan tangan (craft). Sedangkan CP/HP soap adalah masalah menciptakan, memadukan bahan baku, dan lain lain. Pembuat MP soap belum tentu bisa membuat sabun lucu lucu dengan CP soap. Sedangkan pembuat CP/HP soap saya yakin pasti bisa membuat MP soap yang lucu lucu selama ada cetakan, pewarna dan pewanginya.

Sebagai konsumen, keputusan Anda terletak pada apakah Anda membeli sabun untuk membuat Anda bersih, tahu apa yang ada di produk Anda, atau Anda menyukai sabun mewah dan penampakan yang menarik. Jika Anda menyukai berbagai bentuk, warna warni yang lucu dan menyenangkan, kemungkinan Anda tertarik pada sabun yang dibuat dengan metode MP. Jika Anda mencari kemurnian produk, tahu persis apa yang ada di sabun Anda dan bukan hanya ingin bersih, Anda mungkin lebih ditarik dengan metode CP. Ada banyak sabun CP yang secara visual menarik untuk dilihat. 

Saya cenderung untuk membuat sebagian besar sabun bar saya sederhana. Itu hanya pilihan saya, meskipun saya juga membuat sabun yang memiliki penampilan visual yang lucu dan segar serta sedikit berbeda dari yang saya sebelumnya. Saya type soaper yang lebih memperhatikan ingredients dibanding warna warni dan wewangian. 

Mudah mudahan, tulisan saya ini memberikan sedikit lebih gambaran mengenai sabun home made ;)

No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...