Monday, March 24, 2014

Bagaimana Membuat Resep Sabun Yang Baik

Halloooooo, bagaimana kabar teman-teman semuanya? Belakangan ini saya memang jarang buka blog lagi karena kesibukan yang cukup padat :)

Kali ini saya mau membahas tentang bagaimana menciptakan resep sabun yang baik. Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh murid murid kursus saya. Jawaban paling simple yang selalu saya katakan pada murid murid kursus sabun saya adalah dengan memperhatikan komposisi sabun, yaitu 60:40 (hard oil:soft oil).

Mari kita bahas lebih mendalam lagi tentang topik yang satu ini.

Resep sabun terbaik menghasilkan sabun dengan busa yang creamy (lembut) dan melimpah. Ini menghasilkan sabun yang keras dan tahan lama (cukup tahan lama maksudnya). 

Sebuah sabun yang sempurna membersihkan kulit tanpa membuatnya kering, dan memiliki takaran yang tepat antara minyak maupun additive (bahan tambahan) yang baik bagi kulit.

Fitur yang saya suka dalam sabun saya mungkin berbeda dari yang Anda suka. Saya suka sabun dengan busa yang cramy. Saya suka sabun yang keras juga, maksudnya biar ga penyok2 kalo dipegang keras atau jatuh di kamar mandi :p


Semua faktor ini membedakan performa sabun yang berbeda, sehingga pada akhirnya membedakan sabun yang menurut saya baik dengan sabun yang menurut orang lain baik.

Jadi? Apa rahasia sabun yang baik kalau begitu?
Pelajarilah  profil asam lemak Anda, memahami sifat minyak Anda. Menciptakan formula sesuai dengan keinginan Anda adalah sesuatu yang seru (paling tidak bagi saya, hehe....)


Kalau kamu suka sabun dengan ukuran gelembung yang besar dan busa yang melimpah, cobalah:

  • Tingkatkan persentase minyak yang berkontribusi terhadap busa, seperti minyak kelapa, minyak, inti sawit (palm kernell), dan minyak babassu 
  • Turunkan discount fat dari total minyak, karena terlalu banyak discount fat akan mengurangi busa.
  • Gunakan bahan tambahan yang mempengaruhi peningkatan busa seperti sodium citrate, sodium lactate, gula.
  • Mengganti air dengan booster busa yang mengandung gula, seperti bir atau wine.
Jika busa yang stabil yang dicari, cobalah:
  • Gunakan castor oil (minyak jarak) sebesar 5% sampai 10% dari resep Anda. (Hati hati, menggunakan minyak jarak lebih dari 15% cenderung membuat bar lengket, berminyak, dan seperti karet.).
  • Menambah atau meningkatkan minyak yang mendukung busa, seperti minyak almond, cocoa butter, palm oil, shea butter, atau sunflower oil.
  • Mengurangi minyak yang tidak berkontribusi banyak untuk busa (atau menguranginya), seperti minyak zaitun.
Jika Anda ingin meningkatkan kadar kelembaban dalam resep sabun, cobalah:

  • Mengganti air dengan cairan alternatif, seperti susu kambing (atau susu lainnya), yoghurt, atau jus lidah buaya.
  • Meningkatkan superfat dari total minyak, melembabkan kulit.
  • Menambah atau meningkatkan minyak yang melembabkan, seperti apricot kernell oil,  avocado oil, olive oil, rice bran oil, atau sunflower oil.
  • Menambahkan "minyak mewah" sebesar 5% sampai 10%, seperti argan oil, evening primrose oil, flaxseed oil, hempseed oil, jojoba oil, meadowfoam oil, pumpkin seed oil, atau wheatgerm oil.

Jika ingin meningkatkan kadar kerasnya sabun, cobalah:
  • Tingkatkan rasio hard oil vs soft oil, dengan menggunakan persentase yang lebih tinggi dari hard oil (minyak yang padat pada suhu ruangan).
  • Menambahkan stearic acid sebanyak 0.5% - 1% dari total resep.
  • Tambahkan beeswax sebanyak 1% - 5% dari total resep.
  • Tambahkan sodium lactate sebanyak 1% - 3% dari total resep.

Itu saja?

Ingat, bahwa semua ini adalah pedoman kasar untuk membantu Anda menemukan resep sabun terbaik ANDA. Profil asam lemak minyak dan sabun resep Anda saat ini akan memiliki pengaruh besar pada apakah tips ini akan bekerja untuk Anda. Mempelajari profil asam lemak dari minyak masing-masing dan sifat apa yang mereka kontribusi untuk resep Anda adalah kunci untuk sukses membuat sabun.

Happy soaping ^__^


Credit: http://www.modernsoapmaking.com/secret-to-the-best-soap-recipe/



No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...