Wednesday, May 22, 2013

Sabun Dengan Jus atau Puree Buah Buahan

Kita bisa membuat sabun dengan jus buah asli. Jika mau yang beli jadi, pastikan jus tersebut tidak mengandung gula atau boleh menggunakan yang low sugar.
Sabun buatan saya menggunakan buah asli yang saya jus atau saya buat puree sendiri. Baik jus maupun puree saya menggunakan distilled water.

Saya berikan contoh membuat puree strawberry dan pumpkin. Buang biji dan serat yang menempel pada biji pumpkin, lalu potong2 dan letakkan di steamer (kulit jangan dibuang dulu pada saat dikukus). Setelah dikukus setengah matang, masukkan strawberrynya (strawberry saya masukkan belakangan karena lebih cepat matang dibanding pumpkin.
Setelah keduanya matang, angkat dari steamer, lalu siram dengan air es untuk menghentikan proses pematangan. Setelah dingin, kedua bahan tersebut bisa dibuat puree.





Kiri: Strawberry Juice
Kanan: Steamed strawberry yang akan dibuat puree


Ini strawberry puree yang saya  sudah saya taruh dalam plastik klip dan siap untuk disimpan dalam freezer



Post berikutnya, saya akan tunjukkan tentang membuat sabun strawberry yogurt ;)


No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...