Thursday, May 23, 2013

Castile vs Bastile Soap



Banyak customer kami yang tidak tahu bedanya sabun castile dengan bastile.
Bahkan banyak pembuat sabun yang menamakan sabunnya sebagai castile soap, padahal kandungannya bukan 100% minyak zaitun. Atau ada bastile soap yang kandungan minyak zaitunnya sangat sedikit.
Untuk itulah kami berusaha untuk mengedukasi pembaca maupun customer kami, agar mengerti perbedaannya.

Jadi, jika Anda melihat sabun castile tetapi ingredientsnya bukan 100% minyak zaitun, Anda tahu bahwa itu bukan sabun castile. Atau jika melihat sabun bastile, tetapi pada ingredient listnya olive oil ada di urutan kedua atau dibawahnya, itu bukan sabun bastile. Lebih baik lagi jika disebutkan persentase olive oil dalam sabun tersebut. Be a smart buyer ;)


Apa bedanya castile dengan bastile?

Secara tradisional, sabun castile adalah sabun yang berbahan baku 100% minyak zaitun, sehingga sangat lembut dan sangat melembabkan. Namun busa sabun castile tidak disukai semua orang. Busanya sangat kental dan berlendir, serta sabunnya cepat sekali habis ketika dipakai. Selain itu, curing time sabun castile memakan waktu sangat lama, minimal 6 bulan setelah dipotong, makin lama disimpan makin baik.

Sabun bastile adalah modifikasi dari sabun castile. Sabun bastile muncul untuk mereka yang tidak menyukai sabun castile yang terdiri dari 100% minyak zaitun. Jadi dalam sabun bastile terdapat minyak lain untuk menjaga kestabilan busa dan tekstur sabun, sambil menjaga kandungan minyak zaitunnya tetap tinggi. Normalnya, sabun bastile yang baik mengandung paling sedikit 60% minyak zaitun, lebih tinggi lebih baik.

Jadi, kedua sabun tersebut baik untuk kulit. Tergantung selera setiap orang.
Saya pribadi lebih menyukai bastile soap karena busanya lebih baik dan tidak berlendir. Masa curing bisa lebih singkat, 3-4 bulan.

Anda suka yang mana? ;)


No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...