Tuesday, June 13, 2017

Dry or Wet additive??

Sudah tahu kan yaa, kalau di sabun itu kita bisa menambahkan tambahan yang biasa disebut additive? Additive ini bisa memberikan extra benefit di sabun tergantung jenisnya.

Dah, di sabun ada dua macam additive, yaitu yang bentuknya basah (contoh: yogurt, pumpkin puree, strawberry puree dll), dan satu lagi yang bentuknya kering (bubuk kopi, powdered herbs, clays, dll).

Nah, saya pribadi lebih suka yang dry additive kalau memang ada dry additivenya. 
Kenapa? Begini, disini saya cuma memakai logika aja. Pakai strawberry puree atau pumpkin puree 50 Gr beda kadar benefitnya dengan yang berbentuk puree (strawberry puree atau pumpkin puree). 

Bedanya bagaimana??? 
Pernah mencoba mengeringkan strawberry lalu digiling dijadikan bubuk? Saya pernah :p. hasilnya? mau nangis rasanya. Setelah dikeringkan dengan food dehydrator (saya punya food dehydrator), hasilnya sangaaatttttttttt sedikit. Ga heran strawberry powder ini harganya sangat mahal karena ternyata paling bagus kalau dikeringkan dengan metode freeze dried yang alatnya super mahal.

Bagaimana dengan pumpkin? pumpkin seberat dua kilo setelah dikeringkan dengan food dehydrator dan diayak halus, hasilnya tidak mencapai 10% nya alias kurang dari 200 gr. Paling cuma sekitar 100 Gr lebih sedikit.
hasilnya sangat sedikit karena kadar AIR nya sudah dihilangkan selama proses pengeringan di food dehidrator. Seperti yang diketahui, kadar air pada pumpkin tinggi bukan?  Jadi artinya, yang berbentuk bubuk ini lebih konsentrat dibanding puree.
Baidewei, udah pada tau harga aloe vera powder? ada yang 100:1 dan 200:1, yang 200:1 harganya jauh lebih mahal dibanding yg 100:1. Biasa dijual per 10 Gr kalau ga salah. Kenapa bisa begitu? Aloe vera powder 200:1 itu artinya 1 gram aloe vera powder dilarutkan dalam 199 gr air untuk menghasilkan 200 gr aloe vera juice :p

Tapi ini tidak berlaku secara umum lho yaaa, saya lebih mengkhususkan pada wet/dry yang dari tanaman (dan bisa dikeringkan). Beda halnya dengan susu, saya lebih memilih susu cair yang fresh dibanding bubuk karena proses nya berbeda sengan yang berasal dari tanaman.

Jadiiiii, ga perlu terpana dan terbuai dengan sabun2 yang katanya dibuat dengan jas jus maupun puree buah buahan. Memang ada benefitnya, tapi jelas kalah dengan yang berbentuk powder. Kalah jauhhhhhh..... , makanya ga ada kan yang bikin sabun dengan strawberry powder? ga bisa kejual nanti sabunnya, hehehehe.....

Banyak soaper lokal yang memberikan 'janji janji surga' karena sabunnya menggunakan jus inilah, itulah, puree ini lah itulah.... lalu banyak yang termakan sama janji janjinya itu.
Prinsip saya sih, "let your products speak for itself"

Bukan berarti saya anti sama jus stroberi di sabun ya, cuma kaget aja dengan janji2 surga yang menyertainya....

Salam Soapers ^__^




        Pumpkin Powder                                     Pumpkin Puree




No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...