Monday, April 24, 2017

Supplier bahan baku yang baik

Saya perhatikan, sekarang ini sudah jauh lebih banyak supplier bahan baku kosmetik yang jualan secara online, baik di web sendiri maupun di portal e-commerce seperti tokopedia, bukalapak dan lain lain.

Sayangnya, banyak dari seller tersebut tidak mencamtumkan INCI maupun informasi lengkap dari bahan baku yang mereka jual. Saya tanyakan di kolom diskusi maupun lewat inbox, jawabannya ga jelas. 
Untuk seller seperti ini, saya sarankan Anda harus berhati hati. 

Contoh: Seller 'X' misalnya, menjual preservative dengan nama 'ABCD' misalnya, hanya disebutkan preservative ini "Efektif melawan mikroba, bakteri, kuman, jamur, patogen, dll"
TIDAK ADA INCI, TIDAK ADA INFO DI PH BERAPA BAHAN INI AKTIF, TIDAK ADA INFO DI SUHU BERAPA BAHAN INI DITAMBAHKAN, DAN LAIN LAIN.

Ini berbahaya, Anda harus tahu apa yang Anda taruh ke dalam produk Anda bukan? Selain itu, untuk labelling, Anda harus mencantumkan INCI nya secara lengkap. 

Saya tanyakan INCI nya apa, pertanyaan saya tidak dijawab. Paling kesal kalau sudah begini. Muke gile, niat ga sih jualan? 

Produk surfactant misalnya, kalau yang umum macam coco betaine sih bisa di google. Tapi kalau yang tidak umum dan dijual dengan brand name nya, darimana bisa tau apa isinya? ini anionic, nonionic, cationic, atau amphoteric surfactant??? Actives nya berapa persen? PH dalam sekian persen solutionnya berapa? Lama lama pusing sendiri ngadepin seller yang jualan tanpa mau kasih informasi tentang jualannya (entah pelit atau memang ga ngerti tapi sok tau).

Herannya, yang beli manut manut aja disuruh pake berapa banyak dan lain lain. Bodoh sekali 😫😫

*sekedar surhat....


No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...