Monday, October 5, 2015

All natural, chemical free product = Good for your skin?

Dari pertanyaan pertanyaan via email maupun chat yang masuk, saya lihat masih banyak nih yang clueless tentang produk produk chemical free bla bla bla itu. Ada seller yang membuat produk natural, homemade skincare yang menyatakan produknya bebas kimia, preservative dllsb dan memberukan statement bahwa inilah yang bagus untuk kulit, non chemical.

Disini saya -sekali lagi- mencoba meng-edukasi Anda sekalian. Saya bukan type orang yang anti chemical, tapi juga bukan orang yang sangat pro dan mendukung penggunaan bahan kimia pada produk produk home made. Saya netral. Bingung? hehehe.... 

Saya mendukung pemakaian chemical yang membuat produk home made menjadi lebih baik. Contoh nyata yang paling sering terjadi adalah preservative. Banyak produk home made yang ga pake preservative padahal produk mereka mengandung air. It's a big NO NO di dunia home made skincare. Water, hydrosol, aloe vera juice/water, semua mengandung air sehingga WAJIB menggunakan preservative.

Siapa disini yang anak kimia? murid saya ada yang lulusan kimia dan bio teknologi. Mereka tahu persis bahwa pemakaian preservative adalah WAJIB bagi produk yang mengandung air atau yang kemungkinan terkena air (contoh: body scrub).
Sebagai contoh, segelas air minum yang ditetesi bakteri tidak akan langsung berubah warna, bau dan rasa seketika itu juga, padahal air tersebut sudah mengandung bakteri, secara kasat mata, tetap bening. Air tersebut baru akan berubah bau, warna dan rasa SETELAH bakteri yang dimasukkan itu menjadi koloni. 

Salah satu produk yang banyak salah produksi adalah body spray. Urusan harus dikocok dulu sebelum digunakan, itu karena tidak pakai emulsifier. Tapi air yang ada di dalam body spray itu HARUS dan WAJIB pakai preservative. Anda mau menyemprotkan air yang mengandung yeast, bakteri atau berbagai bacam nasty things ke kulit Anda? saya sih tidak. Sekali lagi, preservative itu bukan hanya paraben, masih ada banyak pilihan lain. Yang perlu diperhatikan adalah broad spectrum atau tidaknya produk preservative tersebut. 
Seberapa efektif kah preservative yang digunakan?

Saya akan melanjutkan tulisan ini dengan tulisan tentang bagaimana membaca preservative dan bahan lainnya pada ingredient list ;)

No comments:

Post a Comment

Supplier Bahan Baku Sabun di Indonesia

Menyambung postingan saya sebelumnya di sini , sekarang sudah cukup banyak supplier yang bermunculan. Banyak pilihan nih untuk soaper soap...